Selasa, 04 Oktober 2011

TUGAS SOFT SKILL


Nama              : Adhi Alwidoyo
Kelas              : 4KA22
NPM               : 1A111112
Mata Kuliah  : Ilmu Sosial Dasar 
Dosen              : JUITA WIJAYASARI
TUGAS I
Definisi Individu          : Kepribadian yang berdiri sendiri mengutamakan kepentingan sendiri. Secara fisiolog ia bersifat bebas.
Definisi Pendidikan     : Proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Definisi Keluarga        : Kekerabatan yang mendasar  dalam masyarakat. Beranggotakan Ayah, Ibu, dan Anak – anaknya yang memiliki hubungan harmonis.
Definisi Kebudayaan   : Hasil kegiatan dan akal budi manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat. Dalam ilmu antropologi kebudayaan merupakan keseluruhan pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial unutk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

Hubungan individu dengan keluarga atau masyarakat: Individu yang baik ialah membaur dengan masyarakt di sekitarnya serta membantu.Individu yang kurang baik, dia tidak akan berbaur dengan masyarakat di sekitarnya, bahkan lebih menutup diri dan memiliki rasa curiga yang tinggi.
Peranan sosial mahasiswa di masyarakat ialah menjelaskan ilmu yang didapatnya di saat kuliah, serta mencoba mengubah gaya hidup masyarakat yang bersifat primitif ke masyarakat yang lebih maju dan produktif sesuai kempuan yang di dapat saat kuliah.
Pembinaan generasi muda sangat lah penting saat ini di karena generasi muda sudah kurangnya tata krama terhadap yang lebih tua dan lebih bersikap anarkis.
Pengembangan generasi muda bisa melalui pendidikan non formal di mulai dari keluarga, keluarga yang sehat (harmonis)  menciptakan generasi muda yang berbakat dan di terima masyarakat.
Masalah generasi muda mungkin saya lebih melihat ke masalah ideologi negara dan jiwa kebangsaan yang mulai hilang dari jiwa seluruh anak bangsa ini. Di karenakan bebasnya arus in formasi yang masuk dari berbagai media. Mungkin solusi yang tepat yaitu dengan sosialisasi berbangsa dan ideologi negara dimulai dari pendidikan menegah hingga mahasiswa yang melibatkan guru, dosen, orang tua, dan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar